Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

THE EFFECTIVENESS OF GRPQ TO TEACH WRITING VIEWED FROM STUDENTS’ INTEREST

Menik Widiyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris efektifitas GRPQ untuk mengajar menulis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan disain faktorial. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo. Peneliti melibatkan dua kelas, IVA sebagai kelas eksperimental menggunakan GRPQ dan IVB sebagai kelas kontrol menggunakan Direct Instruction. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengungkap tingkat minat mahasiswa dan tes menulis untuk mengukur kemampuan menulis mahasiswa. Setelah menguji data menggunakan analisis multifaktor ANOVA 2 x 2, peneliti memperoleh beberapa temuan: (1) GRPQ lebih efektif daripada Direct Instruction untuk mengajar menulis; (2) Mahasiswa dengan minat tinggi memiliki kemampuan menulis yang lebih baik daripada mahasiswa dengan minat rendah; (3) Tidak ada efek interaksi antara metode mengajar dan minat mahasiswa terhadap kemampuan menulis mahasiswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

surya

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Desember dan Juni. ...