COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 2, No 6 (2019)

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning

Synthia Dewi (IKIP Siliwangi)
Jajang Bayu Kelana (IKIP SILIWANGI)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini disusun yang didasari oleh kurangnya pemahaman murid terhadap apa yang dipelajari dengan mempraktikkan sendiri materi pelajaran yang didapatnya agar lebih bermakna. Tujuan riset ilmiah ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kreatif murid SD kelas IV menggunakan model contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan pada riset ilmiah ini adalah metode eksperimen. Populasi pada riset ini adalah murid kelas IV di salah satu Sekolah Dasar Kota Cimahi. Sampel yang dipakai adalah murid kelas IV B untuk kelas percobaan dan kelas IV D untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian, jumlah murid dari masing-masing kelas terdiri atas 30 murid. Instrumen peneltian yang digunakan adalah lembar soal tes uraian untuk masing-masing kelas. Hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan program SPSS for windows, hasil dari pengujian penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model contextual teaching and learning memiliki perbedaan lebih tinggi, dibandingkan dengan murid yang menggunakan model konvensional secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA murid. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap perbedaan kemampuan berpikir kreatif IPA murid dengan menggunakan model contextual teaching and learning dengan model konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menggunakan model contextual teaching and learning sebagai salah satu pilihan model pada mata pelajaran IPA, khususnya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif murid. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model contextual teaching and learning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...