Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam konsep IPS mengenai materi Perjuangan Bangsa Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu . Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas kontrol yang terdiri dari 31 siswa. Siswa kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBl (Project Based Learning), sedangkan siswa kelas kontrol diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest, posttest dan treatmeant (Perlakuan) Berdasarkan hasil penelitian melalui serangkaian perhitungan secara statistik dengan melakukan Uji Normalitas, Uji Homogenitas , Uji-t dan Uji N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 , Microsoft Excel terdapat peningkatan pemahaman Konsep IPS pada materi Perjuangan Bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan di Kelas VA SDN Cipagalo 03 Desa Cipagalo Kabupaten Bandung. Kata kunci: Tingkat Pemahaman , PjBL, PBL, Perjuangan Bangsa.
Copyrights © 2019