JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 1 No 1 (2017): JCAE EDISI AGUSTUS 2017

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGAMBIL KEPUTUSANDENGAN PENERAPAN MODEL POE PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI-MIA 2 MAN KELUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Erni Muslimah (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Siti Halimah Nurdiniah (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)
Mahdian Mahdian (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2019

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model POE pada materi hidrolisis garam di kelas XI-MIA 2 MAN Kelua tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan ketuntasan aspek pengetahuan yang dimiliki siswa (2) meningkatkan keterampilan mengambil keputusan siswa terhadap pembelajaran menggunakan model POE. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan total tiga kali pertemuan. Tindakan dilakukan pada siswa kelas XI-MIA 2 MAN Kelua dengan jumlah 35 orang. Data dikumpulkan dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif di setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ketuntasan aspek pengetahuan siswa meningkat dari 57% menjadi 89%, (2) keterampilan mengambil keputusan siswa meningkat dari kategori terampil menjadi sangat terampil.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...