JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)
Vol 5, No 1 (2019): JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI PADANG DALOM

Yunita, Irwa (Unknown)
Irawan, Dedi (Unknown)
Yulia, Liyan Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang belum mencapai taraf maksimal pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Padang Dalom. Kegiatan pembelajaran di sekolah lebih banyak menggunakan metode ceramah di setiap pokok materi, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Langkah-langkah yang dipilih peneliti dalam analisis data adalah model Miles dan Huberman. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri di SD Negeri Padang Dalom berjalan dengan baik. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran berdasarkan pada model Inkuiri yang memiliki enam langkah pembelajaran yaitu: orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menguji hipotesis, mengumpulkan data, dan menarik kesimpulan. Guru mampu menerapkan metode ini sesuai dengan langkahlangkah yang ada, meskipun dalam kenyataannya guru mengalami kendala dalam pengondisian kelas selama kegiatan diskusi berjalan tetapi guru mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPGMI

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam) eISSN 2580-1759; pISSN2477-1848 Journal is published by Research and Community Service Institution STIT Al Multazam. JPGMI aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum ...