Jurnal Isema : Islamic Educational Management
Vol 4, No 1 (2019): Jurnal Islamic Educational Management

SUPERVISI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU

Candra Wijaya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Supervisi manajerial di Madrasah Aliyah Swasta Pondok Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis; 2) Disiplin kerja Guru Madrasah; 3) Faktor pendorong dan penghambat disiplin kerja Guru Madrasah; dan 4) Implementasi supervisi manajerial dapat meningkatkan disiplin kerja Guru Madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini adalah 1) Supervisi manajerial dilaksanakan oleh kepala madrasah dengan mendelegasikan tugas sepervisi kepada para wakil kepala madrasah sesuai dengan bidang masing-masing. 2) Kedisiplinan guru Madrasah cukup baik 3) Faktor pendukung peningkatan disiplin guru Madrasah bermula dari keikhlasan diri  sendiri, dan juga motivasi dari atasan berupa aturan yang harus ditaati oleh  guru. Sementara faktor penghambatnya  lebih disebabkan adanya sebagian guru yang mengajar di madrasah ini juga kuliah ditempat yang lain sehingga kadang ditemukan keterlambatan yang masih dalam batas ditoleransi; dan 4) Implementasi supervisi manajerial ini diharapkan  mampu meningkatkan kedisiplinan para  guru. Sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik dan benar serta memiliki dedikasi pengabdian yang tinggi untuk mewujudkan tujuan madrasah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

isema

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL IsEMa (Islamic Educational Management) ialah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Laboratorium Jurusan/Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmu manajemen pendidikan Islam. ...