Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

Metode Pembelajaran Bahasa Arab Al-Miftah

Menik Mahmudah (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Yasini)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak: Metode Pembelajaran Bahasa Arab masa kini sangat beraneka ragam. Pengajar Bahasa Arab berlomba-lomba untuk membuat metode pembelajaran bahasa Arab yang menarik demi menunjang minat pembelajar Bahasa Arab. Salah satunya adalah metode tersebut adalah Al-Miftah yang biasa disebut dengan Metode Al-Miftah. Metode pemebelajaran Bahasa Arab Al-Miftah adalah metode untuk pembelajaran bahasa Arab dari segi kaidahnya, meliputi nahwu dan shorrof yang dikemas secara peraktis dan disampaikan dengan cara yang menarik. Dua ilmu kaidah ini merupakan fondasi penting dalam memahami teks bahasa Arab. Oleh karenanya, metode ini diupayakan dapat membantu pembelajar bahasa Arab dalam memahami kaidah bahasa Arab secara cepat dan menyenangkan, sehingga pembelajar bahasa Arab dapat mengerti tentang teks-teks bahasa Arab klasik (kitab kuning) maupun teks bahasa Arab sederhana dalam buku buku literatur bahasa Arab, ataupun dalam percakapan bahasa Arab sederhana baik yang tertulis atau tidak. Pembahasan dalam artikel ini meliputi perencanaan pelaksaan dan evaluasi dari metode pembelajaran Bahasa Arab Al-Miftah.Kata Kunci: Metode Al-Miftah, Pembelajar Bahasa Arab, Kaidah Bahasa Arab

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...