Abstrak: Proses pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara khususnya akan dapat tercapai jika didukung dengan pembelajaran yang efektif, inovatif dan menyenangkan dari guru dengan menggunakan berbagai upaya dan berbagai strategi, metode, dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai rancangan prosedural yang memuat tindakan yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan. Ada dua hal yang patut kita cermati mengenai strategi pembelajaran. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Sasaran utama dalam penerapan strategi pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan dalam suatu proses pembelajaran. Terdapat dua strategi yang mudah dilakukan oleh guru dalam penerapannya. Strategi tersebut adalah strategi Qurrat Al-kala>m dan strategi Inner outer circle, karena dengan diterapkannya strategi tersebut, proses pembelajaran serta hasil belajar meningkat, bahkan kemampuan berbicara siswa pun juga meningkat.Kata Kunci: Strategi, keterampilan berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab
Copyrights © 2019