Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

ANALISIS KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR

Suci Ramadhanti Febriani Sri Masyitah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak: Tuntutan perkembangan pendidikan yang bersifat kognitif, psikomotorik dan afektif sangat ditekankan secara seimbang. Hal itu mendorong guru untuk berinovasi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar. Inovasi itu harus disesuaikan dengan kebutuhan abad ke-21, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan yang dituntut hendaknya sudah diterapkan pada tingkat dasar sebagai landasan berfikir siswa kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan abad ke-21 pada proses pembelajaran bahasa Arab yang diinternalisasikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD Al-Kautsar Malang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab di SD Plus Al-Kautsar sudah memenuhi standar keterampilan pada abad ke-21 yang menitikberatkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa menggunakan pembelajaran aktif.Kata Kunci: Keterampilan abad ke-21, Pembelajaran Bahasa Arab, Sekolah DasarĀ 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...