Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

KONSTRUKTIVISME PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF

Muhammad Hamdan (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Madiun)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak:Kemampuan Bahasa Arab peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab sampai saat ini belum mencapai tingkat yang memuaskan, merespon kondisi seperti ini model materi Bahasa Arab kemudian didesain menjadi Bahasa Arab komunikatif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dengan merujuk kepada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Konstruktivisme sebagai kognitif manusia sering diasosiasikan dengan pendekatan pedagogi yang mempromosikan learning by doing. teori ini memberikan keaktifan kepada manusia untuk belajar menemukan kompetensi diri, pengetahuan atau teknologi dan hal lain yang diperlakukan guna mengembangkan dirinya dengan cara mengkombinasikan paradigma-paradigma linguistik, psikologis dan sosiologis.. Penelitian bertujuan untuk menyelidiki konstruktivisme pada proses pembelajaran Bahasa Arab komunikatif dalam hal pemerolehan pengetahuan berupa bahasa baru, serta menyelidiki proses aktif konstruktif dalam penguasaan kompentesi komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab komunikatif, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data yang didapat selama melakukan penelitian dengan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi,  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam memperoleh pengetahuan baru berupa bahasa yang kemudian dikomunikasikan langsung dengan lawan bicaranya, keterlibatan pengajar bersifat membantu pembelajar agar dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui bahasa akan dipelajari dengan dukungan materi yang mengacu kepada kegiatan sehari-hari pembelajar. Selanjutnya proses aktif konstruktif pembelajar dalam penguasaan kompentensi komunikatif dilakukan dengan bantuan mufroda>t berbentuk kalimat tanya, dengan cara melakukan pengulangan sebagai bentuk pembiasaan dan kemudian dituangkan dengan kala>m qira>’ah dan kita>bah. kemudian pembelajar secara internal melalui proses regulasi diri dengan teknik saling tukar gagasan antar-individu yang dihimpun dalam bentuk dialog yang berisi pengalaman sosial setiap individu pembelajar.Kata kunci:Bahasa Arab Komunikatif, konstruktivisme

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...