Abstrak: Dalam pembelajaran membaca dan menulis bahasa Arab, tidak mudah bagi seorang dosen untuk memeriksa kevalidan tulisan atau jawaban mahasiswa dari pertanyaan yang ia ajukan secara bergiliran satu persatu di dalam kelas karena proses pembelajaran dibatasi oleh waktu. Di samping itu seorang pendidik dituntut dapat mengolah pembelajaran sebaik mungkin sehingga interaksi dalam pembelajaran berjalan maksimal dan menyeluruh kepada semua mahasiswa tanpa terkecuali. Hal inilah yang melatarbelakangi penulisan makalah ini. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Creative Board dalam beragam kegiatan pembelajaran membaca dan menulis bahasa Arab. Makalah ini merupakan makalah hasil pemikiran (konseptual) bukan makalah hasil penelitian dan metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan pengalaman, penggunaan media Creative Board efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, baik motivasi mahasiswa maupun kemampuannya.Kata Kunci; Media Creative Board, Pembelajaran Membaca, Dan Menulis Bahasa Arab
Copyrights © 2019