Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Sampiril Taurus Tamaji (Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Darul ‘ulum)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2019

Abstract

Abstrak;Penulisan makalah ini atas dasar adanya temuan di lapangan bahwasannya banyak pembelajaran yang kurang efektif dan tidak menyenangkan. Makalah ini di tulis bertujuan untuk menjelaskan tentang pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) sekaligus menjadi rujukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah atau madrasah. Dalam makalah ini penulis menggunakan penelitian deskriptif yaitu dengan menyajikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal atau numerical dan menyajikan informasi dasar mengenai suatu hubungan serta mengeksplorasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan sosial. Penulis memberikan kesimpulan bahwasannya pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual akan lebih menarik untuk dipelajari karena isi materinya menghubungkan peserta didik dengan dunia nyata atau pengalaman masing-masing serta memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk bisa lebih berkembang serta menemukan makna secara mandiri dan bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa berkolaborasi dengan teman-teman, guru dan masyarakat secara aktif.                                                                                 Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Contekstual Teaching (CTL)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...