Abstrak;Penulisan makalah ini atas dasar adanya temuan di lapangan bahwasannya banyak pembelajaran yang kurang efektif dan tidak menyenangkan. Makalah ini di tulis bertujuan untuk menjelaskan tentang pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) sekaligus menjadi rujukan guru dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah atau madrasah. Dalam makalah ini penulis menggunakan penelitian deskriptif yaitu dengan menyajikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal atau numerical dan menyajikan informasi dasar mengenai suatu hubungan serta mengeksplorasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan sosial. Penulis memberikan kesimpulan bahwasannya pembelajaran bahasa arab dengan pendekatan kontekstual akan lebih menarik untuk dipelajari karena isi materinya menghubungkan peserta didik dengan dunia nyata atau pengalaman masing-masing serta memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk bisa lebih berkembang serta menemukan makna secara mandiri dan bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk bisa berkolaborasi dengan teman-teman, guru dan masyarakat secara aktif. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan Contekstual Teaching (CTL)
Copyrights © 2019