Abstrak: Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk menangani kerumpangan yang terjadi dalam pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab di Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Malang, yakni lemahnya kemampuan guru dalam berbicara bahasa Arab, terutama yang berkaitan dengan akurasi fonetik. Tujuan umum kegiatan ini adalah memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab guru MA se Kabupaten Malang. Langkah-langkahnya adalah (1) berkoordinasi dengan Kantor Kemenag Kabupaten Malang dan Ketua KKM untuk menetapkan kelompok sasaran, menetapkan peserta dan jadwal pelatihan, (2) melaksanakan pelatihan sesuai rancangan yang telah ditetapkan, dan (3) melakukan pendampingan, mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan. Metode yang dipakai meliputi ceramah, diskusi, FGD, tanya jawab, problem solving dan praktik. Di akhir pelatihan dilakukan pendampingan selama dua bulan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini adalah sebagai berikut. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di MAN 2 Kabupaten Malang dengan peserta sebanyak 56 guru MA negeri dan swasta. Materi pelatihan terdiri atas tiga topik, yaitu (1) peta problematika pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah, (2) pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi informasi, dan (3) pembelajaran bahasa Arab berbasis akurasi fonetik. Dengan kegiatan tersebut para peserta mengaku mendapatkan banyak manfaat. Materi pertama menyadarkan mereka akan kompleksnya masalah pembelajaran bahasa Arab di MA, sekaligus mendapatkan wawasan cara mengatasinya. Materi kedua membekali peserta kemampuan menggunakan TIK sebagai media pembelajaran. Materi ketiga menyadarkan peserta akan pentingnya akurasi fonetik yang selama ini cenderung diabaikan dalam berbicara bahasa Arab. Secara umum para peserta merasa puas dan sangat terbantu dengan adanya pelatihan tersebut.Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Bahasa Arab , Akurasi Fonetik, E-Learing
Copyrights © 2019