Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perubahan hasil belajar pada peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten, setelah mengikuti proses pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Adapun waktu penelitian dilakukan dari bulan Juli 2018  sampai dengan September 2018, dengan subjek 37 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten.  Pada saat penelitian ini dilakukan, peneliti mengambil tema tentang peduli terhadap makhluk hidup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I rata-rata sebesar 7,01, siklus II sebesar 7,54, dan siklus III sebesar 7,80. Peningkatan hasil belajar ini diikuti pula dengan peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas belajar. Selain itu penerapaan model ini juga terbukti dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaranyang ditunjukkan dari tingginya aktivitas peserta didik yang berkaitan dengan daya kritis, berani menyampaikan pertanyaan dan argumentasi serta memberikan solusi. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019