Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 3, No 1 (2019)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PANCA INDERA MELALUI MEDIA GYPSUM

Anggraini, Desi (Unknown)
Rahmatunnisa, Sriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi karena pembelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya materi panca indera tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga penulis tergerak untuk meneliti bagaimana cara meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan menggunakan media gypsum. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi panca indera dengan cara menggunakan media gypsum. Metode yang digunakan yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan 4 kali pertemuan pada setiap siklusnya, dengan hipotesis melalui media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera pada kelas IV di SD Negeri Medan Satria IX. Hasil penelitian peningkatan hasil  belajar panca nindera telah mencapai indikator keberhasilan, pada siklus I sebesar 61% dan siklus II sebesar 86% terjadi kenaikan sebesar 25%. Berdasarkan seluruh kegiatan  penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan media gypsum dapat meningkatkan hasil belajar panca indera siswa kelas IV SD Negeri Medan Satria IX

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...