Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 2 (2019): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Agus Kistian (Unknown)
T. Khairul Mahdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh metode discovery dengan metode ekspositori terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gunung Keling pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gunung Keling dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika dan angket kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian ini diperoleh rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran discovery yaitu 82,00 sedangkan rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran ekspositori yaitu 70,85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori.Kata Kunci : Discovery, Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...