Metode pembelajaran adalah cara guru yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru harus dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan materi pelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hal tersebut melatar belakangi skripsi ini. Salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agara menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dimana peneliti terjun langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data dan informasi mengenai penerapanmetode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V MI Muhammadiyah Krajan Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Krajan dalam proses pembelajaran IPA sudah baik karena eksperimen memberikan dampak kepada siswa pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi, keaktifan siswa dan menjelajahi dan memahami IPA secara ilmiah. Hal ini dianggap tepat dibelajarkan pada kelas V pada pokok bahasan sifat-sifat cahayaKata Kunci: Metode, Metode Eksperimen, kelas IPA,
Copyrights © 2019