Masalah yang ingin dijawab dalam makalah ini adalah (1) apakah terdapatperbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) terhadapkemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur, dan (2)bagaimana persiapan pembelajaran membaca pemahaman yang menggunakanpendekatan kontekstual (CTL) pada siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur. Masalah dilapangan menunjukkan rendahnya pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebutmerupakan tantangan bagi guru bahasa Indonesia, khususnya di SMA. Kendala yangmuncul dalam pembelajaran di kelas adalah sikap siswa yang cenderung reseptif. Solusidari hambatan itu adalah melakukan pendekatan kontektual supaya mampumemengaruhi siswa belajar dengan aktif sesuai dengan perkembangan siswa untukmenghilangkan rasa jenuh. Siswa juga diberikan kebebasan berpikir supaya mampumenikmati pembelajaran. Berdasarkan temuan dari proses pembelajaran ternyataterjadi peningkatan yang signifikan terutama dalam memahami materi pembelajaran,khususnya membaca pemahaman.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019