SABDAMAS
Vol 1 No 1 (2019): SABDAMAS

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SMAN 1 MANDE, CIANJUR

Librilianti Kurnia Yuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2019

Abstract

Masalah yang ingin dijawab dalam makalah ini adalah (1) apakah terdapatperbedaan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontektual (CTL) terhadapkemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur, dan (2)bagaimana persiapan pembelajaran membaca pemahaman yang menggunakanpendekatan kontekstual (CTL) pada siswa kelas X SMAN 1 Mande, Cianjur. Masalah dilapangan menunjukkan rendahnya pelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebutmerupakan tantangan bagi guru bahasa Indonesia, khususnya di SMA. Kendala yangmuncul dalam pembelajaran di kelas adalah sikap siswa yang cenderung reseptif. Solusidari hambatan itu adalah melakukan pendekatan kontektual supaya mampumemengaruhi siswa belajar dengan aktif sesuai dengan perkembangan siswa untukmenghilangkan rasa jenuh. Siswa juga diberikan kebebasan berpikir supaya mampumenikmati pembelajaran. Berdasarkan temuan dari proses pembelajaran ternyataterjadi peningkatan yang signifikan terutama dalam memahami materi pembelajaran,khususnya membaca pemahaman.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sabdamas

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

SABDAMAS merupakan kumpulan makalah hasil pengabdian kepada masyarakat yang dipresentasikan dalam Seminar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SABDAMAS) di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. SABDAMAS memuat tujuh bidang kegiatan, yaitu pendidikan, ekonomi, kesehatan, lingkungan, komunikasi, ...