Jurnal Pena Karakter : Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter
Vol 1 No 1 (2018)

DIGITAL STORYTELLING PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Ratri, Safitri Yosita (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2018

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang inovatif masih tetap berlangsung dan perlu dikembangkan pada Sekolah Dasar (SD). Salah satunya yang dilakukan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang sampai saat ini masih diasumsikan sebagai pelajaran yang membosankan dan menuntut hafalan, serta materi yang kurang sesuai dengan perkembangan masyarakat lagi. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan Digital Storytelling atau yang dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai dongeng digital. Penggunaan Digital Storytelling bagi pembelajaran IPS, yang salah satu tujuannya adalah mengembangkan aspek afektif siswa, pada SD akan memberikan makna bahwa IPS sebagai mata pelajaran yang mampu untuk meningkatkan perasaan siswa diantaranya tentang penerimaan, respon, penilaian, dan pembangunan karakter. Bagi siswa, melalui pembelajaran IPS ini, Digital Storytelling akan menarik perhatian sehingga akan lebih termotivasi untuk belajar IPS. Siswa perlu dilatih sedini mungkin sebagai persiapan di masa mendatang supaya mampu memiliki pemahaman dan empati yang tinggi dalam menghadapi masalah sosial di lingkungannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pena Karakter is a scientific publication journal in the form of educational, teaching, character, motoric, assessment, theory in elementary school learning, literature studies, critical analysis in the field of elementary school teacher education, misconception, application of concepts from ...