KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 1 No 1 (2018): KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS X SAINS 3 MAN PINRANG

Herman Maming (author)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas X Sains 3 MAN Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian Experiment semu tanpa kontrol yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran dengan Model Inquiry. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan preetest sebelum penerapan model inquiry, dan postestsetelah penerapan model inquiry. Hasil penelitian diperoleh bahwa Model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar fisika. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar fisika dengan skor rata-rata yaitu 62,17 pada preetest menjadi 83,33 pada posttest. Siswa memberi respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran inquiry sebesar 93,33%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...