Dirasat: Jurnal Studi Islam dan Peradaban
Vol 14 No 01 (2019): Dirasat: Jurnal Studi Islam dan Peradaban

KONSEP KONVERGENSI DALAM PENDIDIKAN ISLAM (Menakar Peran Manusia dalam Pendidikan)

Miftahuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2019

Abstract

The great teory yang disandang oleh tiga aliran dalam dunia psikologi, yaitu aliran empirisme, nativisme dan konvergensi belakangan merasuk ke dunia pendidikan dan melahirkan turunan-turunan yang cukup mempengaruhi pemikiran-pemikiran dan aktivitas-aktivitas kependidikan. Ketiga aliran tersebut menyoal bagaimana pembentukan kepribadian manusia dan hal-hal yang mempengaruhinya. Secara kronologis, kemunculan aliran-aliran itu diawali oleh aliran empirisme yang ngotot dengan konsep tabularasanya. Kemudian diiringi dengan munculnya aliran kedua, nativisme ngeyel dengan teori bakatnya sebagai antitesa terhadap aliran empirisme. Pada akhirnya muncul aliran ketiga, konvergensi sebagai sintesa yang memadukan kedua teori sebelumnya. Banyak yang memposisikan pendidikan Islam berada tepat pada aliran konvergensi mengingat banyaknya dalil-dalil dari al-Qur’an dan hadits sebagai sumber utama pendidikan Islam yang mengisyaratkan hal tersebut. Untuk mengkonfirmasi pemosisian tersebut, penulis mendiskusikannya melalui coretan sederhana dalam artikel ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JSIP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Dirasat: Jurnal Studi Islam dan Peradaban is an academic journal published twice yearly by Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Indonesia Jakarta. It is a multi-disciplinary publication dedicated to all aspects of Islam and the Islamic world. Contributions from scholars of related disciplines are ...