Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik yang baik untuk materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami untuk mengajarkan bangun ruang sisi datar di MTs Al-Falah. Adapun Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami yang baik pada materi bangun ruang sisi datar. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: (a) rencana pembelajaran, (b) buku guru, (c) lembar kegiatan siswa, dan (d) tes hasil belajar valid, reliabel dan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa islami efektif untuk mengajarkan bangun ruang sisi datar di kelas VIII MTs. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) aktifitas siswa: efektif, (b), kemampuan guru mengelola pembelajaran: baik (c) respon siswa terhadap pembelajaran: positif. dan (d) ketuntasan belajar secara klasikal: 90 % siswa tuntas belajar individual.
Copyrights © 2013