Jurnal Kiprah
Vol 5 No 1 (2017): JURNAL KIPRAH

PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ARTIKEL MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MERITIM RAJA ALI HAJI TANJUNGPINANG

Elfitra, Legi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman artikel. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data penelitian ini adalah skor hasil kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMRAH. Sampel penelitian ini berjumlah 38 orang yaitu pada kelas G2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 saat pretest dengan nilai rata-rata 67,67, (2) kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa kelas G2 pada saat posttest dengan nilai rata-rata 80, (3) terdapat pengaruh yang signifikan sesudah menggunakan metode PQ4R terhadap kemampuan membaca pemahaman artikel mahasiswa G2. Hal ini dapat dilihat dari thitung (6,11) lebih besar dari nilai ttabel (1,697) pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Artinya, bahwa penerapan metode PQ4R sangat membantu siswa ketika membaca artikel.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kiprah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian ...