Jurnal Kiprah
Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Kiprah Volume 7 Nomor 1, Juni 2019

KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF

Dahnuss, Dodi (Unknown)
Alpindo, Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran Sains fisika melalui penerapan model pembelajaran induktif pada materi Cahaya di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Tahun Pelajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.a yang berjumlah 34 orang. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar pengamatan keterampilan sosial. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan pengamatan terhadap keterampilan sosial siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif yang meliputi 4 indikator yaitu bekerjasama, menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat dan mendengarkan dengan aktif. Hasil analisis data menunjukan bahwa indikator bekerjasama (97,15%) kategori tinggi, menyampaikan pendapat (81,31%) kategori tinggi, menanggapi pendapat (58,51%) kategori sedang, dan mendengarkan dengan aktif (86,92%) kategori tinggi. Dengan demikian, penerapan model induktif dapat melatih keterampilan sosial siswa di SMP negeri 4 tambang pada materi pokok cahaya. (Times New Roman 11,spasi 1, cetak miring untuk abstrak berbahasa Inggris). Kata Kunci: keterampilan sosial, model induktif, fisika

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

kiprah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

KIPRAH merupakan usaha giat dalam melakukan sesuatu terutama ditujukan bagi dosen untuk lebih giat mempublikasikan karya ilmiah. Jurnal Kiprah ini dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji. Jurnal ini memuat artikel berupa hasil penelitian dan kajian ...