Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 1 No. 1 (2019)

Pengembangan Mobile Learning Rensi (Relasi dan Fungsi) Berbasis Android pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VIII SMP

Fadlilah Aziz Ramadan (Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga)
Nurul Arfinanti (Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning android yang berkualitas sebagai sumber belajar mandiri siswa. Mobile learning ini berisikan materi Relasi dan Fungsi yang ditujukan untuk siswa kelas VIII SMP.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi tahap define (penetapan produk), tahap design (perancangan produk), tahap development (pengembangan produk), dan tahap dissemination (penyebarluasan). Kriteria ketercapaian kualitas pada mobile learning RENSI didapatkan dari pengujian oleh para ahli dan dinyatakan praktis oleh siswa.Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning android RENSI (Relasi dan Fungsi) yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP. Melalui uji coba yang dilakukan oleh ahli materi, mobile learning ini mendapat persentase keidealan pengaplikasian media 94,79% (sangat baik), oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan muatan materi 84,38 % (sangat baik) sehingga mobile learning RENSI dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan mobile learning oleh respon siswa memperoleh persentase keidealan kepraktisan penggunaan 76,25% (setuju). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mobile learning RENSI telah layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JPPM (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika) editorial board members are from previously teacher-college universities. Review process for this journal applies double blind peer review. The articles sent to the Journal are always reviewed by two reviewers. The decision of the article ...