Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen, profesionalisme dosen, dan kecerdasan spiritual dosen terhadap motivasi belajar pada Universitas Muhamamdiyah di Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada Universitas Muhammadiyah  di Jawa Timur dengan jumlah mahasiswa 56.400 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode stratified random sampling untuk setiap universitas yang diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat keyakinan 90% diperoleh sampel sebanyak 135 mahasiswa. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Analisis Path  dengan metode SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kompetensi dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur. Profesionalisme dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur. Kecerdasan spiritual dosen tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Jawa Timur. Kata Kunci : Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, Kecerdasan Spiritual dosen,  Motivasi Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018