Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan nasabah pada Perbankan Syariah yang di Kabupaten Jember. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan variabel terikat. Variabel terikatnyanya yaitu variabel kepuasan nasabah. Sedangkan variabel bebasnya adalah variabel relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah yang menabung di perbankkan syariah yang ada di Kabupaten Jember yang meliputi Bank Muamalat Indonesia, Bank Mandiri Syariah, Bank Mega Syariah, Bank BNI Syariah. Jumlah sampel penelitian sebanyak 150 nasabah dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan relationship marketing kepercayaan, dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Perbankan Syariah yang di Kabupaten Jember. Kata Kunci: hubungan pemasaran, kepercayaan, nilai pelanggan, kepuasan
Copyrights © 2017