Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan mengetahui upaya pengembangan kompetensi guru dikaitkan dengan implementasi kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa informan dan key informan dan observasi di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan Analisis Data Model Interaktif (Miles dan Hubberman).Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya pengembangan kompetensi guru dalam rangka implementasi kurikulum 2013 di SDN 001 Sangatta Utara adalah dengan mengikuti program kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kutai Timur. Dari data menunjukkan bahwa kualifikasi guru di SDN 001 Sangatta Utara sudah cukup baik, karena seluruh guru telah memiliki kualifikasi minimal S1 atau D4. Disisi lain guru yang belum memperoleh sertifikasi masih cukup banyak. Ini menunjukkan kompetensi guru di sekolah tersebut masih rendah. Pelatihan kurikulum 2013 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Program pendampingan guru masih kurang efektif, karena jumlah guru yang mengikuti program ini sangat sedikit, tidak seimbang dengan jumlah guru yang ada di sekolah tersebut. Sebagai faktor pendukung yaitu adanya dukungan kebijakan pemerintah melalui program-program pengembangan kompetensi guru serta ketersediaan dana dan sarana-prasarana yang cukup. Faktor penghambat diantaranya kemauan dan kemampuan guru yang rendah, dan adanya keterlambatan penyediaan sarana penunjang pembelajaran seperti buku-buku, serta keterbatasan kemampuan dari instruktur pelatihan.
Copyrights © 2017