Masih rendahnya hasil belajar pendidikan biologi disebabkan oleh masih dominannya skill menghafal daripada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi.Dalam proses pembelajaran terlihat masih rendah perhatian siswa, kurang berpartisipasi, sedangkan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian adalah Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Pante Ceureumen Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Pelajaran Biologi Terhadap peningkatan Prestasi Belajar Siswa Materi Konsep Sirkulasi Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Sosiodrama dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar siswa materi konsep sirkulasi pada manusia yang diajarkan dengan metode sosiodrama mata pelajaran biologi di SMP Negeri 1 Pante Ceureumen. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duas iklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian pada siklus I kategori tidak tuntas mencapai 72% dan kategori tuntas sebesar 28%. Sedangkan pada siklus II kategori ketuntasan sebanyak 84% dan kategori tidak tuntas sebanyak 16%. Hal ini menunjukkan bahwa daya serap siswa tehadap pokok bahasan Sirkulasi Pada Manusia sudah lebih baik. Simpulan dari hasil penelitian adalah dengan sosiodrama maka hasil belajar siswa pada pokok bahasan Konsep Sirkulasi Pada Manusia semakin meningkat. Saran yang dapat diberikan adalah Pembelajaran dengan sosiodrama dapat dijadikan alternative dalam pembelajaran Sirkulasi di Sekolah Menengah, dimana siswa diajak untuk menemukan sendiri konsep dasar suatu pembelajaran.
Copyrights © 2019