Mumtaz: Jurnal Studi Al-Quran dan Keislaman
Vol 1, No 1 (2017)

Metode Pengajaran Karakter Berbasis Al-Qur’an

Akhmad Shunhaji (Dosen Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Metode pengajaran karakter dalam tulisan ini memaparkan bagaimana menanamkan karakter pada peserta didik dapat ditempuh. Pesan penting al-Qur’an sebagai pedoman penyempurnaan  akhlak manusia, dapat ditempuh melalui pengajaran yang menarik. Pengajaran yang membuat peserta didik dengan senang hati mengikuti tahapan-tahapan hingga implementasinya. Pengajaran karakter berbasis al-Qur’an ditempuh melalui dua metode.  Pertama,  metode  pengajaran  sebagai cara  atau  strategi mengajarkan karakter. Pada pemahaman ini tersirat makna bahwa ukuran keberhasilan menggunakan metode pengajaran adalah hasil. Di sini, dapat mengambil pelajaran dari metode dakwah rasulullah saw dan walisongo. Kedua, metode merupakan sistem pengajaran pendidikan karakter. Artinya, metode pengajaran pendidikan karakter merupakan sistem pengajaran yang menyangkut seluruh komponen pendidikan termasuk kurikulum,  pendidik, strategi mengajar, dan komponen proses pembelajaran lain. Dalam hal metode  pengajaran  sebagai sebagai sistem, ayat-ayat Al-Qur’an memberikan banyak isyarat dan pelajaran yang dapat diambil

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mumtaz

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Quranic Studies, Interpretation, Hadith, Islamic Philosophy, Kalam Science, Islamic Education, Dakwah, Islamic Economics, Islamic Language and Literature, Sufism, and other Islamic Studies ...