Ekonomi kreatif home industry sirup markisa merupakan salah satu produk minuman yang bersal dari Kota Medan. Sirup markisa sangat diminati banyak orang, dan merupakan sala satu oleh – oleh andalan Kota Medan, itu karena bahan baku sirup markisa berasal dari buah markisa segar pilihan yang diperoleh dari Kota Berastagi Kabupaten Karo Sumatera Utara atau merupakan Kota penghasil buah markisa terbesar di indonesia, dan bahan baku sirup markisa tidak memakai bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Menjadi salah satu oleh-oleh andalan Kota Medan, tidak membuat home industry sirup markisa berkembang dengan pesat dan ditekuni oleh masyarakat sekitar Kota Medan, ini dapat dilihat dari peredaran produk sirup markisa yang ada di toko-toko dan di supermarket Kota Medan, jumlahnya sangat minim dan pelaku home industry nya pun sangat minim, padahal jarak Kota Berastagi ke Kota Medan, itu sekitar 58 Km atau sekitar 1 (satu) jam. Penelitian ini terdiri dari Variabel bebas yaitu Peran Perbankan (X1), Inovasi Produk (X2), Promosi (X3), dan variabel terikatnya adalah Ekonomi Kreatif Home Industry (Y).Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana pengaruh Peran Perbankan (X1), Inovasi Produk (X2), dan Promosi (X3) Terhadap Peningkatkan Ekonomi Kreatif Home Industry sirup markisa. Tahapan metode penelitaian ini adalah lokasi penelitian dilakukan di sekitaran Kota Medan, Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan survey, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini adalah masyarakat pelaku home industri di kota medan sekitarnya, penarikan sampel penelitian ini adalah non-probability sampling, teknik pengumpulan sampel penelitian ini adalah : 1) Study documentasi 2) Wawancara 3) Kuisioner, jenis dan sumber data adalah primer dan kekunder, Metode yang dikan untuk menganalisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Koefisien determinasi dari penelitian ini adalah 0,649. Peran perbankan dengan nilai 2,420 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Inovasi Produk dengan nilai 2,549 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Promosi dengan nilai 3,936 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industri markisa. Dengan nilai 37,411, peran perbankan, inovasi produk, dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekonomi Kreatif home industr markisa. Kata Kunci: Peran Perbankan, Inovasi Produk, Promosi, Ekonomi Kreatif
Copyrights © 2019