JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol 2 No 2 (2011): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

PENILAIAN KELAS DAN MODEL PEMBELAJARAN TERPADU PADA PEMBELAJARAN IPS

AHMAD AHMAD (Unknown)
YULIATRI SASTRAWIJAYA (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penilaian kelas dan model pembelajaran terpadu terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa. Sampel terdiri dari 92 siswa SMP yang diambil dengan multi stage random sampling dengan desain faktorial 2 x 2. Data menggunakan analysis of variance dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPS siswa yang diberi penilaian proyek lebih tinggi daripada siswa yang diberi penilaian portofolio, (2) hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan model terjala lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model terhubung, (3) terdapat pengaruh interaksi antara penilaian kelas dan model pembelajaran terpadu terhadap hasil belajar IPS siswa, (4) untuk kelompok siswa yang diberi penilaian proyek, hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan pembelajaran model terjala lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model terhubung, (5) untuk kelompok siswa yang diberi penilaian portofolio, hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan pembelajaran model terjala lebih rendah dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model terhubung, (6) untuk kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran model terjala, hasil belajar IPS siswa yang diberi penilaian proyek lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diberi penilaian portofolio, dan (7) untuk kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran model terhubung, hasil belajar IPS siswa yang diberi penilaian proyek lebih rendah dari pada hasil belajar siswa yang diberi penilaian portofolio. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru IPS dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran terjala dan diberikan penilaian proyek.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...