JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol 8 No 2 (2017): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIKA: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LC7E DAN PENILAIAN AUTENTIK

Nopita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LC7e dan penilaian autentik terhadap kemampuan penalaranstatistika mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Jurusan PAI FTIK IAIN Pontianak. Variabel terikat berupakemampuan penalaran statistika, dan variabel bebas terdiri dari model pembelajaran dibedakan menjadi LC7e dan konvensional, serta penilaianautentik dibedakan menjadi portofolio dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran statistika mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by desain 2x2. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran statistika mahasiswa yang menggunakan model LC7e akan lebih efektif jika diberi penilaian portofolio. dan kemampuan penalaran statistika mahasiswa yang menggunakan model konvensional akan lebih efektif jika diberi penilaian tes tertulis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...