JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN
Vol 7 No 2 (2016): JURNAL EVALUASI PENDIDIKAN

EVALUASI PROGRAM SEKOLAH UNGGULAN SMAN 2 SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR SUATU MODEL EVALUASI DENGAN PENDEKATAN TUJUAN INDEPENDEN (GOAL FREE EVALUATION)

Rubito Rubito (Unknown)
Soeprijanto Soeprijanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengevaluasi program sekolah unggulan SMAN 2 Sangatta Utara dengan menggunakan model goal free evaluation. Sekolah unggul adalah sekolah yang memiliki program unggulan yang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi peserta didik sebagai upaya untuk membekalinya ilmu pengetahuan dan memiliki jati diri bangsa. evaluasi difokuskan pada dampak positif yang sesuai tujuan program, dampak negatif di luar tujuan program dan dampak sampingan positif di luar tujuan program. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI, guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi program sekolah unggulan memiliki dampak positif dengan frekuensi 33, dampak negatif dengan frekuensi 23 dan dampak sampingan dengan frekuensi 59. Dari hasil penelitian dampak positif dan dampak sampingan lebih besar dari pada dampak negatif, menunjukkan bahwa program telah berhasil namun dampak negatif yang muncul tetap harus diperhatikan dan di perbaiki agar tidak mengganggu kestabilan program yang sudah bagus.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JEP is the acronym of Jurnal Evaluasi Pendidikan. JEP is a national and international journal published two times in a year (March and October). It specializes in Instrument Development, Evaluation of Educational Programs, Assessment and Measurement in education. This journal is intended to ...