Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian pre-test and post-test control group design. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji regresi sederhana. Rata-rata nilai tes pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 41,15 dan 76,76.  Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung  sebesar 9,129  sedangkan nilai t tabel adalah 1,67  sehingga thitung > ttabel , jadi H0 ditolak dan H1 diterima.  Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Utomo Binjai  tahun pelajaran 2018/2019.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019