PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2019): Edisi Oktober 2019

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI EFIKASI DIRI SISWA

Melania Eva Wulanningtyas (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran problem posing terhadap efikasi diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan metode pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta yang terdiri atas tujuh kelas. Sampel penelitian ini dipilih secara acak yaitu seluruh siswa yang terdapat pada sebuah kelas ditingkat 8. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran problem posing digunakan uji one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem posing efektif terhadap efikasi diri siswa. Kata Kunci:Pendekatan pembelajaran; Problem posing; Efikasi diri

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...