Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tema penelitian, pendekatan dan metode yang cendrung dilakukan oleh mahasiswa pendidikan matematika di PTIN Aceh. Penelitian dilakukan pada prodi pendidikan matematika di UIN Ar-Raniry dan IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema penelitian yang paling diminati adalah pembelajaran matematika sebanyak 89 %; kemampuan berfikir, nalar, kognitif sebanyak 9% dan perancangan tugas, perangkat pembelajaran, penilaian sebanyak 2%. Dilihat dari segi pendekatan penelitian, mahasiswa yang menggunakan pendekatan kuantitatif sebanyak 85 %, pendekatan kualitatif sebanyak 10% dan pendekatan kombinasi kuantitatif-kualitatif sebanyak 5%. Dilihat dari segi metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen sebanyak 45 %, metode deskriptif sebanyak 36%, PTK sebanyak 15 %, dan metode pengembangan R&D sebanyak 4 %. Hal lain yang diperoleh adalah terjadi pengulangan tema dan metode penelitian, namun yang lebih dominan adalah pada pengutipan dan pola analisis.
Copyrights © 2019