HASANUDDIN JOURNAL OF BUSINESS STRATEGY
Vol 1 No 1 (2019): Hasanuddin Jurnal of Business Strategy

Strategi Keunggulan Bersaing PT. Semen Tonasa dengan SWOT dan QSPM

P. Sitorus Benget (Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin)
Nursyamsi Idayanti (Dosen Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin)
Sumardi Sumardi (Dosen Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Pada kondisi pasar yang sangat kompetitif perusahaan harus memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai kondisi internal dan eksternal perusahaanya untuk menentukan suatu strategi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keunggulan bersaing yang tepat untuk dilakukan oleh PT Semen Tonasa. Penelitian deskriptif dilakukan dengan mengumpulkan data melalui observasi, FGD dan wawancara. Setelah dilakukan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation) dan analisis SWOT, PT Semen Tonasa harus fokus pada upaya mengejar pertumbuhan. Berdasarkan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) diperoleh strategi yang tepat untuk dilakukan adalah market penetration. PT Semen Tonasa harus meningkatkan market share di daerah pasar dengan profit margin yang besar dan melakukan cost efficiency dalam setiap tahapan proses produksi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

HJBS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

It is an open access online journal in the field of applied management and published four times in a year in February, May, July, and October. The journal is designed for professionals and researchers to convey their findings of business concepts, thoughts, and new strategies for business viability ...