Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain)maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Model pembelajaraninquiry merupakan model menemukan jawaban sendiridari suatu masalah, sedangkan model pembelajaran discovery adalah model pembelajaran penemuan masalah yang diberikan oleh pendidik.Berdasarkan hasil data secara deskriptif, kesadaran metakognitif mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran inquirymengalami peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest yaitu sebesar 24,96%, yakni dari nilai 59,56 menjadi 84,52. Persentase kesadaran metakognitif mahasiswa pada kategori berkembang baik adalah 96,87% dan pada kategori berkembang sangat baik adalah 3,13%. Sedangkan kesadaran metakognitif mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery mengalami peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest yaitu sebesar 10,94%, yakni dari nilai 66,10 menjadi 77,04. Persentase kesadaran metakognitif mahasiswa pada kategori mulai berkembang adalah 3,03% dan pada berkembang baik adalah 96,97%.Sedangkan hasil data secara infrensial terdapat perbedaan kesadaran metakognitif antara mahasiswa yang dibelajarkan model pembelajaran inquiry dengan model pembelajaran discovery.Kesadaran metakognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry lebih baik daripada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery.
Copyrights © 2018