Jurnal Biogenerasi
Vol. 4 No. 2 (2019)

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EDMODO TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Fitrah Al Anshori (Universitas Cokroaminoto Palopo)
sukmawati syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini merupakan experiment semu (Quasi experimental design). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest – only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester VI prodi pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo angkatan 2016/2017 berjumlah 82 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas dimana kelas A adalah kelas experimen dibelajarkan menggunakan aplikasi edmodo dan kelas B adalah kelas kontrol dibelajarkan tanpa menggunakan aplikasi edmod. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunakan aplikasi Edmodo terhadap efektifitas pembelajaran, hasil tes menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 80% pada kelompok yang menggunakan aplikasi Edmodo, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo efektif dalam melakukan evaluasi dan pemberian tugas kepada mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biogenerasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Biogenerasi focuses on the publication of the results of biology education,Biology learning model, Biology learning media, Biology Education Development, The article published on the internal and external academic community Universitas Cokroaminoto Palopo especially in Biology ...