Attadib: Journal of Elementary Education
Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 2 No. 1 Juni 2018

PENGARUH PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Samsiah Samsiah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Salati Asmahasanah (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Hidayah Baisa (Univ Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh penggunaan pendekatan kooperatif tipe Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada  mata pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara kelas V SDIT Kaifa Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Kaifa Bogor.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV  SDIT Kaifa Bogor  terdiri dari dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes  yaitupre-est dan post –test. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajarsiswa dengan pendekatan kooperatif tipe Role Playing pada pre-test adalah 70,69 dan rata-rata hasil belajar post-testadalah 82,11 dan rata-rata hasil belajar siswa pada pre-test dengan pembelajaran konvensional adalah 66,2 sedangkan hasil uji post test nya adalah 71,2. Dari pengujian hipotesis dan nilai rata-ratakedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe Role Playing kongkret pada memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDIT Kaifa Bogor. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...