Attadib: Journal of Elementary Education
ATTADIB: Journal of Elementary Education, Vol. 3 No. 1 Juni 2019

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Nurie Hasni (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Santi Lisnawati (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan Metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match dalam  meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Mathla’ul Anwar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Di dalam siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Mathla’ul Anwar Caringin tahun ajaran 2018/2019. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskritif. Instrumen yang di gunakan berupa tes formatif yang diberikan setelah pembelajaran selesai. Hasil menunjukkan pada siklus I terdapat 6 siswa yang tuntas dan 20 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata 60,38%, kemudian pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas dan 9 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 71,15%, kemudian pada siklus III siswa yang mencapai tuntas sebanyak 26 siswa atau seluaruh siswa kelas IV dengan nilai rata-rata 81,69%. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh persentase 71,73%, pada siklus II memperoleh persentase 79,34%, dan pada siklus III memperoleh persentase 85,86% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I meperoleh persentase 66,66%, pada siklus II memperoleh 72,22%, dan pada siklus III  memperoleh 91,66% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode Metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV di MI Mathla’ul Anwar Caringin, Bogor.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...