Likhitaprajna: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang
Vol 19 No 2 (2017): September 2017

PENINGKATAN KERJASAMA SISWA KELAS V SDN ARGOYUWONO 1 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Efendiy, Khoirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2017

Abstract

Keterampilan kerjasama sangat dibutuhkan pada era saat ini, karena manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri, sehingga manusia butuh kehadiran orang lain untuk membantu memenuhi kebutuhan hidupnya. Keterampilan kerjasama dapat diajarkan kepada siswa, karena keterampilan kerjasama bukan keterampilan bawaan atau keterampilan warisan. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengajarkan siswa keterampilan kerjasama kepada siswa adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Untuk hasil yang optimal digunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan siklus dalam proses pembelajarannya. Hasil dari penerapan model pembelajaran STAD adalah peningkatan keterampilan kerjasama siswa secara signifikan. Kata kunci: Student Team Achievement Division, STAD, kerjasama

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

likhitapradnya

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Likhitaprajna merupakan jurnal open access yang dipublikasikan dua kali setahun dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wisnuwardhana Malan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian atau kajian teori tentng pendidikan dan ...