ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Khaddam karya Diyana Millah Islami, (2) nilai religiositas novel Khaddam, (3) hubungan nilai religiositas novel Khaddam, dan (4) skenario pembelajaran unsur intrinsik, nilai religiositas dan hubungan nilai religiositas dalam novel Khaddam karya Diyana Millah Islami di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik analisis isi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Khaddam karya Diyana Millah Islami terjalin menyatu dengan nilai religiositas yang terdapat didalamnya, (2) nilai religiositas dalam novel ini meliputi (a) aqidah, (b) akhlak, dan (c) syariah. (3) hubungan nilai religiositas dalam novel ini meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan, (b) hubungan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri. (4) skenario pembelajarannya di kelas XI SMA sebagai berikut, (a) kegiatan awal; (b) kegiatan inti; (c) eksplorasi; (d) elaborasi; (e) konfirmasi; (f) kegiatan akhir. Kata Kunci: Nilai Religiositas, Novel Khaddam, Skenario Pembelajaran
Copyrights © 2017