Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 51 (2018): Jurnal Surya Bahtera

PENGARUH MODEL VISUAL, AUDITORY, KINESTETHIC (VAK) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Femelia Arlin Fianti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Khabib Sholeh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Joko Purwanto (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pengaruh model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap aktivitas siswa dalam menulis teks anekdot pada kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2017/2018; (2) pengaruh model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) terhadap keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2017/2018; (3) perbandingan keterampilan siswa dalam menulis teks anekdot yang diajar dengan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitiannnya adalah kelas X IPS 4 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 siswa dan kelas X IPS 5 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Penyajian data menggunakan teknik informal. Pengumpulan data didapat dari tes (tes awal dan tes akhir) dan nontes (kuesioner dan wawancara). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) hasil kuesioner menunjukkan bahwa presentase aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapat perlakuan menggunakan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK), yaitu dengan presentase: (a) motivasi sebesar 14,56%, (b) perhatian sebesar 6%, (c) keaktifan sebesar 17,22% dan, (d) keberanian sebesar 12,89%, (e) kemandirian sebesar 13,33%, (f) apersepsi sebesar 14,66%; (2) nilai yang didapat tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen (0,473 dan 0,220) dan tes awal dan akhir kelompok kontrol (0,903 dan 0,544). Berdistribusi normal. Hasil thitung (-22.501) < ttabel (-1,697) menunjukkan bahwa model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelompok eksperimen; (3) hasil thitung (-3,916) > ttabel (1,697) membuktikan bahwa nilai keterampilan menulisĀ  teks anekdot siswa yang diajar dengan model Visual, Auditory, Kinestethic (VAK) lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model konvensional. Kata kunci: Visual, Auditory, Kinestethic (VAK), keterampilan menulis, teks anekdot.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...