LIMIT - Pendidikan Matematika
No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR VOLUME DAN LUAS SISI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 30 PURWOREJO

Suprih Ediyanto (SMP Negeri 30 Purworejo)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2012

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan volum dan  luas sisi bangun ruang sisi lengkung tabung menggunakan pendekatan konstruktivistik . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 30 Purworejo.  Aspek yang diamati adalah aktivitas siswa, sikap guru, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2 yaitu: 41,02%,  56,41%, dant 80%. Aktivitas siswa meningkat 25% (dari 50% menjadi 75%) dan nilai sikap guru juga ada meningkat sebesar 10%  (dari 70% menjadi 80%).Jadi pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam menentukan volum dan luas sisi bangun ruang sisi lengkung. Kata Kunci: konstruktivistik

Copyrights © 2010