cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. purworejo,
Jawa tengah
INDONESIA
LIMIT - Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 48 Documents
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LINGKARAN DENGAN MEMANFAATKAN CD INTERAKTIF DAN WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE BAGI SISW A KELAS VIII A SMP NEGERI 33 PURWOREJO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Susetiyono Susetiyono
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (43.322 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar bagi siswa kelas VIIIA SMP Negeri 33 Purworejo tahun ajaran 2009/2010 dengan memanfaatkan CD interaktif dan Who Wants to be a Millionaire. Penelitian dilaksanakan bulan Februari sampai Juni 2010 di SMP Negeri 33 Purworejo, dengan subjek siswa kelas VIII A sebanyak 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan dua siklus. Tindakan pertama menerapkan pembelajaran dengan jumlah tiap kelompok belajar 4 siswa, sedangkan pada tindakan kedua menerapkan pembelajaran dengan jumlah tiap kelompok belajar 2 siswa. Tiap siklus terdiri dari: perenca naan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada kondisi awal, 12 siswa belum tuntas belajar dengan daya serap klasikal 63,06% dan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus I, 9 siswa belum tuntas dengan daya serap klasikal 66,53% dan ketuntasan klasikal 75,00%. Pada siklus II, 2 siswa belum tuntas belajar dengan daya serap klasikal 70,83% dan ketuntasan klasikal 94,44% . Dari hasil kondisi awal ke siklus II ada peningkatan daya serap klasikal 7,77% dan ketuntasan klasikal ada peningkatan 27,77%. Hasil angket tanggapan siswa menunjuk kan: 52,22% menyatakan sangat setuju, 44,81 % menyatakan setuju, dan 2,96% tidak setuju, bila pembelajaran matematika memanfaatkan CD interaktif dan Who Wants to be a Millionaire. Kata Kunci: Motivasi, Hasil belajar, CD interaktif, Who Wants to be a Millionaire
PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR VOLUME DAN LUAS SISI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 30 PURWOREJO Suprih Ediyanto
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.792 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menentukan volum dan  luas sisi bangun ruang sisi lengkung tabung menggunakan pendekatan konstruktivistik . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 30 Purworejo.  Aspek yang diamati adalah aktivitas siswa, sikap guru, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2 yaitu: 41,02%,  56,41%, dant 80%. Aktivitas siswa meningkat 25% (dari 50% menjadi 75%) dan nilai sikap guru juga ada meningkat sebesar 10%  (dari 70% menjadi 80%).Jadi pendekatan konstruktivistik mampu meningkatkan ketrampilan siswa dalam menentukan volum dan luas sisi bangun ruang sisi lengkung. Kata Kunci: konstruktivistik
PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN PAKEM SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Mrs. Kusnaeni
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (41.861 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan bulat melalui pendekatan PAKEM dengan indikator:sekurang-kurangnya 85% siswa memperolah nilai ulangan harian minimal 71, serta motivasi dan aktivitas siswa secara individu dalam kegi-atan pembelajaran sekurang-kurangnya 85%. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Purworejo kelas VII D tahun pelajaran 2008/2009 dalam 2 siklus. Langkah-langkah penelitian untuk tiap siklus adalah: (1) perencanaan tindakan (planing) (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) refleksi dan tindak lanjut. Serangkaian tindakan tersebut disebut satu siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan motivasi dan aktivitas belajar siswa dari 75,63% pada siklus I dan  86,87% pada siklus II. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa: rerata pada siklus I 80,88 dengan ketuntasan belajar klasikal 77,5%, sedangkan rerata pada siklus II sebesar  88,33  dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 90%. Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan operasi bilangan bulat melalui pendekatan PAKEM pada siswa kelas VII D  SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2008/2009 . Kata Kunci : Operasi Bilangan Bulat, PAKEM
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FAKTORISASI SUKU ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BLOK ALJABAR SISWA KELAS VIII C SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Teguh Widodo
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (57.375 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah pembelajaran koo-peratif dengan blok aljabar dapat meningkatkan hasil  belajar faktorisasi suku aljabar  siswa kelas VIII-C semester 1 SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai September 2010 di SMP Negeri 3 Purworejo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 anak. Aspek yang diukur adalah hasil belajar faktorisasi suku aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tinda-kan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus menggunakan pembelajaran kooperatif dengan blok aljabar. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan rerata dari kondisi awal terhadap siklus 1, siklus 1 terhadap siklus 2, maupun kondisi awal terhadap siklus 2. Rerata hasil belajar dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut:  81, 88, 89. Prosentase tuntas belajar menunjukkan kenaikan baik dari kondisi awal terhadap siklus 1, siklus 1 terhadap siklus 2, maupun kondisi awal terhadap siklus 2. Prosentase ketuntasan dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut: 70,83%, 87,50%, dan 91,67%. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Blok Aljabar
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN METODE PENEMUAN DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA Purwoko Yudi Riawan
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.544 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah:  (1) pembelajaran matematika realistik dengan metode penemuan dapat menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada penggunaan metode ekspo-sitori, (2) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika lebih tinggi lebih baik, (3) prestasi belajar matematika siswa antara siswa yang diberikan pembelajaran matematika realistik dengan metode penemuan dan metode ekspositori konsisten untuk tiap-tiap kreativitas belajar matematika siswa, dan perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara siswa dengan kreativitas belajar matematika yang tinggi, kreativitas belajar matematika yang sedang dan kreativitas belajar matematika yang rendah konsisten untuk tiap-tiap metode pembelajaran. Penelitian ini eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 3 dengan populasi  siswa kelas VI SD Negeri di Kecamatan Nusawungu Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 56 SD. Sampel penelitian diambil dengan stratified cluster random sampling sejumlah 23. Instrumen penelitian berupa tes  prestasi belajar dan angket kreativitas belajar. Instrumen divali-dasi oleh validator. Reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan angket diuji dengan rumus Alpha. Sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Dengan α = 0,05 : (1) F = 85,2049 > 3,84 = F          =F  berarti pembelajaran matematika realistik dengan metode penemu-an menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari metode ekspositori, (2) F  = 32,8727 > 3,00 = F  = F  berarti prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika lebih tinggi lebih baik, (3) F  = 1,3146 < 3,00 = F  = F  berarti karakteristik perbedaan antara pembelajaran matematika realistik dengan metode penemuan dan metode ekspositori untuk setiap kreativitas belajar matematika siswa sama. Ini berarti pembelajaran matematika realistik dengan metode penemuan lebih baik daripada metode ekspositori jika ditinjau pada masing-masing kreativitas belajar matematika siswa. Hasil komparasi ganda antar kolom diperoleh bahwa (1) siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang (F.1-.2 = 36,2122 > 6,00 = F ), (2) siswa dengan kreativitas belajar matematika tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah (F.1-.3 = 113,9291 > 6,00 = F ), (3) siswa dengan kreativitas belajar matematika sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kreativitas belajar matematika rendah (F.2-.3 = 27,0970 > 6,00 = F ). Kata Kunci: Pembelajaran matematika realistik, , metode penemuan
KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS (TINJAUAN TERHADAP PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI) Mujiyem Sapti
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.363 KB)

Abstract

Abstrak Tulisan ini bertujuan untuk membahas salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa yang direkondasikan NCTM yaitu koneksi matematis. Dalam tulisan ini dibahas mengenai salah satu pendekatan pembelajaran  yang dapat mengakomodir kemampuan koneksi matematis siswa yaitu  pendekatan pembelajaran SAVI. Kata Kunci: koneksi matematis, SAVI
TOPOLOGI RUANG LINEAR Kurniasih Nila
LIMIT - Pendidikan Matematika No 11 (2010): LIMIT No. 11 \ Oktober 2010
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.031 KB)

Abstract

Abstrak Tulisan ini bertujuan untuk mendefinisikan topologi ruang linier dan menyelidiki homeomorphisma topologi ruang linear. Metode yang digunakan adalah studi literature. Berdasarkan definisi pada topologi, ruang topologi dan ruang linier, maka topologi ruang linier adalah suatu pasangan  di mana  adalah ruang linier dan  adalah topologi pada , dan operasi linier yang berlaku dalam , yaitu penjumlahan  yang didefinisikan pada  dan perkalian dengan skalar  yang didefinisikan pada , adalah kontinu. Dapat ditunjukkan bahwa topologi ruang linier  adalah merupakan homeomorphisma. Kata Kunci: topologi, ruang topologi, ruang linear
GRUP PERMUTASI Bambang Priyo Darminto
LIMIT - Pendidikan Matematika No 02 (2006): LIMIT No 02\April 2006
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.068 KB)

Abstract

 Simetri dari sebuah bangun geometri dapat diartikan sebagai penempatan kembali bangun tersebut sehingga dengan tepat menempati bingkainya semula. Pada hakikatnya, penempatan bangun geometri ke dalam bingkainya semula menyatakan suatu bentuk pemetaan. Suatu grup yang elemen-elemennya merupakan permutasi dengan operasi komposisi disebut grup permutasi. Secara khusus, jika sekumpulan permutasi dari suatu himpunan S yang tidak kosong (nonempty) merupakan sebuah grup dengan operasi komposisi fungsi (○), maka S disebut grup permutasi atau disebut grup simetri pada S. Jika order dari S adalah n, maka grup simetri ini dan ditulis Sn. Elemen-elemen sebuah grup simetri S3 diperoleh melalui 6 cara penempatan segi tiga sama sisi pada bingkai semula. Grup semacam ini disebut juga grup dihedral segi tiga, dan ditulis dengan notasi D3. Secara umum, suatu elemen-elemen dari grup dihedral Dn adalah semua simetri dari segi-n beraturan, dan order dari Dn adalah 2n. Untuk menampilkan elemen-elemen dari grup dihedral ini diperlukan fungsi cyclic dan dihedral. Grup siklik didefinisikan untuk semua bilangan bulat positif n, tetapi grup dihedral didefinisikan hanya untuk lebih besar dari 3. Kata kunci : simetri, pemetaan, grup, permutasi, dihedral, order, operasi komposisi
PENGAJARAN KONSEP MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH UMUM Budiyono Budiyono
LIMIT - Pendidikan Matematika No 02 (2006): LIMIT No 02\April 2006
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.796 KB)

Abstract

Pengajaran konsep matematika di sekolah menengah umum diusahakan agar proses belajar mengajar matematika mencerminkan perkembangan matematika. Materi dan pengajaran konsep matematika harus disesuaikan dengan perkembangan intelek anak didik. Mengajarkan konsep matematika harus berbeda dengan cara mengajarkan mata pelajaran ilmu-ilmu sosial. Dalam mengajarkan konsep matematika, guru dituntut mengutamakan penanaman pengertian melalui proses belajar mengajar yang menarik. Kata Kunci: pengajaran, pemahaman, konsep
OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN MODEL KONTEKSTUAL Dwijo Susanto; Mujiyem Sapti
LIMIT - Pendidikan Matematika No 02 (2006): LIMIT No 02\April 2006
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.824 KB)

Abstract

Pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang paling banyak dilaksanakan oleh guru selama ini. Banyak kalangan yang berpendapata bahwapemebalajaran ini adalah pembelajaran ala kadarnya Hal ini yang akan diperbaiki dalam tulisan ini, bahwa dengan menggunakan model kontekstual, ita dapat mengoptimalkan pembelajaran konmvensional yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, metode konvensional dengan model kontekstual efektif meningkatkan hasil pembelajaran.   Kata Kunci: metode konvensional, model kontekstual