LIMIT - Pendidikan Matematika
No 03 (2006): LIMIT No. 03\Oktober 2006

PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP PRESTASI GEOMETRI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abu Syafik (UMP)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2012

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruhyang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatifjigsaw dengan model konvensional terhadap prestasi geometri, (2) adatidaknya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadapprestasi geometri, (3) ada tidaknya pengaruh interaksi yang signifikan antara model jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi geometri.Populasi penelitian ini sebanyak 320 siswa dengan cara proporsionalrandom sampling diambil 160 siswa sebagai sampel, dengan 80 siswasebagai kelas eksperimen dan 80 siswa sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data dengan metode tes untuk geometri dan angket untukinstrumen motivasi. Sebelum tes dan angket diuji validitas dan reliabilitasdengan produck moment dan rumus alpha. Pengujian hipotesis denganmenggunakan anava dua jalan dengan frekuensi tak sama. Sebelumnyadilakukan uji prasyarat analisis uji keseimbangan, uji normali tes, ujihomogenitas, dan uji independensi. Dari hasil uji hipotesis disimpulkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Jigsaw terhadap prestasi geometri Fhitung = 13,911 > Ftabel = 3,84, P < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi geometri Fhit = 167,14 > Ftabel = 3,00, P < 0,05; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model Jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar geometri, Fhitung = 1, 123 < Ftabel= 3,00, P > 0,05.Kata Kunci: model jigsaw, geometri, motivasi

Copyrights © 2006