LIMIT - Pendidikan Matematika
No 02 (2006): LIMIT No 02\April 2006

PERMAINAN MATEMATIKA SEBAGAI METODE ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Abu Syafik (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2012

Abstract

Salah satu upaya untuk mengurangi kesenjangan antara tuntutan mempelajari matematika yang abstrak dengan kesiapan intelektual anak didik adalah mengajak siswa mempelajari matematika melalui permainan matematika. Untuk itu guru diharapkan dapat menciptakan kegiatan permainan matematika disesuaikan dengan pokok bahasan yang sedang dipelajari dan sesuai dengan tingkat intelektual anak John Peaget (dalam Fremon, 1969) menyatakan bahwa anak usia SD dan SMP masih berada dalam tahap operasi konkret, maka pendekatan disesuaikan dalam pembelajaran matematika. Diusahakan konsep yang abstrak dalam matematika dapat dimanipulasi menjadi objek yang konkret sehingga mudah dimengerti oleh si anak. Sesuai dengan kodratnya anak senang bermain, jika pelajaran dengan disajikan dalam bentuk permainan yang menyenangkan, maka dalam diri anak akan tumbuh rasa senang belajar matematika.Kata Kunci: metode pembelajaran, permainan

Copyrights © 2006