LIMIT - Pendidikan Matematika
No 09 (2009): LIMIT No. 09\Oktober 2009

Penerapan Pola Latihan Berjenjang dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Abu Syafik (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2013

Abstract

Matematika sebagai salah satu ilmu dasar mempunyai  peranan sangat penting yang dapat dijadikan pengembangan belajar agar siswa pada jenjang pendidikan dasar dapat menguasai dan memiliki kecakapan yang rasional. Mengingat pentingnya peranan matematika maka pengajaran matematika di berbagai jenjang pendidikan formal perlu mendapat perhatian khusus. Belajar matematika tidak lepas dari bagaimana cara menyelesaikan soal-soal matematika yang bertujuan untuk memperdalam penguasaan konsep, fakta, operasi, dan prinsip matematika dan sekaligus sebagai pelatihan mengaplikasikannya dalam menyelesaikan masalah. Pola latihan berjenjang merupakan pola latihan yang dirasa tepat dalam memenuhi prinsip pembelajaran yang salah satunya adalah prinsip berjenjang. Prinsip berjenjang digunakan dalam pembelajaran konsep maupun pada penguasaan keterampilan pemecahan masalah berupa soal cerita.Kata Kunci:pola latihan berjenjang, soal cerita

Copyrights © 2009